Wisata Murah Meriah di Kabupaten Kotabaru

syatiffauzi.com – Langit masih terlihat mendung kala itu ketika kami bersiap-siap untuk berangkat ke-Destinasi Wisata Kalsel yang sudah sangat terkenal pada salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan.

Foto koleksi pribadi

*Foto koleksi pribadi (suasana pantai Sarang Tiung)

Air hujan membasahi aspal menuju tempat wisata yang akan kami datangi yaitu Desa Sarang Tiung, Desa Sarang Tiung terkenal dengan tempat wisata murah meriah pada Kabupaten Kotabaru yang merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki tempat wisata terbaik yang pernah dimiliki tanah Borneo. Salah satunya yang paling dikenal oleh masyarakat disana adalah wisata pantai Sarang Tiung. Sebenarnya tempat wisata tersebut juga dikenal sebagai pantai Gedambaan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Kotabaru, namun dari waktu pertama kali menginjakkan bumi Sa-ijaan saya lebih mengenalnya dengan sebutan pantai Sarang Tiung.

Hampir 30 menit kami menggenjot motor kami yang lusuh bekas perjalanan yang jauh, benar memang terasa kontras jauhnya perjalanan yang kami lalui karena diperlukan kurang lebih 8-10 jam lamanya perjalanan yang dilalui dari kota kami Banjarmasin menuju pusat kota di Kabupaten Kotabaru. Kabupaten Kotabaru merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, dibutuhkan kurang lebih 30-40 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk menempuh perjalanan ke tempat wisata pantai Sarang Tiung.

Sesampainya didepan pintu gerbang kedatangan, tercium jelas aroma laut dan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Sungguh tempat sempurna bagi para pencinta pantai dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karena tempat wisata ini lumayan jauh dari hiruk pikuk kegiatan perkotaan yang membuat stress kepala kita yang memerlukan refreshing otak.

*Foto koleksi pribadi (wisatawan lokal menikmati kegembiraan bermain di pantai)

*Foto koleksi pribadi (wisatawan lokal menikmati kegembiraan bermain di pantai)

Setelah membayar tiket masuk perkepala senilai Rp 7.000 – Rp 10.000, kami pun bergegas mendekati air laut yang berlari-larian di tepi pantai. Sesaat kami tertegun dan terkejut melihat suasana tempat wisata tersebut, hampir mirip dengan salah satu pantai di Lombok, tidak ada gedung bertingkat dan tidak ada mini market yang mengganggu orisinalitas kesederhanaan masyarakat lokal.

*Foto koleksi pribadi (salah satu keindahan dan ketenangan pantai Sarang Tiung)

*Foto koleksi pribadi (salah satu keindahan dan ketenangan pantai Sarang Tiung)

Kami pun meneguhkan keinginan kami untuk memarkirkan motor lusuh kami di salah satu tempat peristirahatan (gazebo) yang telah disediakan pemerintah daerah demi menunjang kenyamanan wisatawan yang menyempatkan diri untuk mampir pada salah satu tempat wisata di Kabupaten Kotabaru. Terlihat jelas dibenak para pengunjung yang merupakan wisatawan lokal atas kenyamanan, kebahagiaan dan ketenangan yang dirasakan mereka, pasir putih keabu-abuan nan bersih seperti gula dicampur merica sehingga memancing kita untuk ikut bermain di pantai tersebut ditambah eloknya gunung yang tepat berada di belakang kawasan pantai yang kekar menambah kesempurnaan indahnya kawasan wisata tersebut. Ombak yang tenang dan kadang dengan ketinggian sedang menghentak keasyikan kita untuk menambah keseruan bermain air di pantai, kita juga bisa menyewa pelampung berupa ban dalam mobil truk yang di gunakan oleh pengelola pantai untuk bisa kita pakai bermain di pinggir pantai dengan hanya uang sebesar Rp 10.000 – Rp 15.000 tergantung ukuran pelampung yang kita inginkan untuk digunakan. Tak jarang kita dapat melihat ikan kecil yang mengitari kaki kita, dan jangan lupa untuk berhati-hati terhadap binatang laut yang mengganggu hingga membahayakan kita seperti ubur-ubur maupun kerang yang dapat terinjak kaki kita.

*Foto koleksi pribadi (pegunungan yang menambah keindahan pantai Sarang Tiung)

*Foto koleksi pribadi (pegunungan yang menambah keindahan pantai Sarang Tiung)

Lepas bermain hingga terasa lelah pun datang menghampiri kegembiraan kami bermain di pantai, kami pun beranjak untuk istirahat sebentar untuk menikmati indahnya di tepian pantai Sarang Tiung. Sebelumnya, kami mandi dulu untuk membersihkan pasir-pasir yang melekat di celana dan tubuh kami ditempat yang telah disediakan. Tempat kami membersihkan diri dari pasir-pasir pantai Sarang Tiung lumayan bersih, dengan menggunakan air sumur yang sudah disediakan kami pun mandi dengan puasnya dengan cukup membayar uang pemeliharaan sebesar Rp 1.000 – Rp 2.000.

*Foto koleksi pribadi (pemandian umum khusus wisatawan)

*Foto koleksi pribadi (pemandian umum khusus wisatawan)

Segar, itu yang kami rasakan selepas membersihkan diri di tempat pemandian umum. Kami pun coba jalan-jalan di sekitar tempat wisata tersebut, rupanya tempat ini cukup lengkap untuk kawasan wisata keluarga. Terdapat tempat menginap berupa cottage berukuran kurang lebih 5×4 meter dengan fasilitas yang cukup lengkap, hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000 per malam kira sudah bisa menikamati fasilitas di dalamnya yang terdapat kulkas kecil, AC, WC, tempat tidur dan tempat duduk santai di teras nya dan keamanan 24 jam oleh pengelola pantai yang merupakan warga lokal desa Sarang Tiung yang tak pernah dilupakan oleh Pemerintah Daerah demi memajukan kawasan wisata tersebut.

*Foto koleksi pribadi (penginapan sederhana /cottage)

*Foto koleksi pribadi (penginapan sederhana /cottage)

Tidak jauh dari cottage terdapat panggung yang biasa digunakan berbagai acara bagi pemerintah maupun personal yang ingin melakukan kegiatan maupun acara hiburan serta warung tempat mencari makanan mapun cemilan pengusir kejenuhan ketika kita berkunjung di daerah tersebut.

#Foto koleksi pribadi (panggung hiburan yang sering digunakan berbagai acara)

#Foto koleksi pribadi (panggung hiburan yang sering digunakan berbagai acara)

*Foto koleksi pribadi (warung makan)

*Foto koleksi pribadi (warung makan)

Tidak lupa kami menyempatkan segarnya air buah kelapa muda yang diminum langsung dari buahnya yang sudah di belah sehingga dapat di sedot sari air kelapa di dalamnya, sebelum kami meminumnya kami coba untuk berjalan sekitar kurang lebih 100 meter ketempat gajebo tepat di pinggir pantai dengan beberapa tanaman hias yang mengelilinginya.

#Foto koleksi pribadi (Gazebo tempat santai pengunjung)

#Foto koleksi pribadi (Gazebo tempat santai pengunjung)

#Foto koleksi pribadi (Gazebo tempat santai menghadap langsung pantai)

#Foto koleksi pribadi (Gazebo tempat santai menghadap langsung pantai)

Sungguh sempurna pada waktu itu ketika kami sampai ketujuan, tercengang dan hingga mampu menikmati indahnya pantai Sarang Tiung yang menjadi salah satu Destinasi Wisata Kalsel yang sudah sangat terkenal pada salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Walau kami merasa agak risih dengan kurangnya kesadaran Masyarakat akan kebersihan di sekitar area wisata tersebut, tapi kami akan segera kembali ke tempat itu lagi dan tempat wisata lainnya di Kabupaten Kotabaru. Kami harap KITA semua sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan sehingga terciptanya keindahan yang mampu meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun Internasional.

lomba blog wisata kalsel

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *