MEMPERBAIKI MEMORY CARD DARI GANGUAN VIRUS

MEMORY YANG TIDAK TERBACA PADA KAMERA DSLR

MEMORY YANG TIDAK TERBACA PADA KAMERA DSLR

Suatu ketika kita mendapati memory card kita tidak bisa dibuka ketika dipasang di dalam kamera kita, menjengkelkan memang karena pekerjaan kita terganggu akibat permasalahan tersebut. Kadang kita berpikir kemungkinan memory card tersebut sudah tidak berfungsi lagi dengan baik (rusak), hal tersebut bisa terjadi oleh beberapa hal yang memungkinkan tidak berfungsi dengan baik memory kita ketika dipasang pada kamera kita terutama kamera DSLR kita.

Hal tersebut terjadi kepada saya ketika ingin melakukan sesi foto dengan menggunakan kamera DSLR (Canon 60D) saya. Ketika memasukkan memory card yang baru saja dilakukan pemindahan data dari notebook adik saya ternyata saya mendapati memory card saya tidak bisa di baca oleh kamera DSLR saya. Lebih tepatnya tertulis pada kamera DSLR saya adalah “Cannot create folder”

CANNOT CREATE FOLDER

Seketika itu juga saya sadar kemungkinan besar masalah yang saya hadapi pada memory card saya adalah akibat virus pada komputer ketika melakukan trsansfer file-file dari memory ke komputer saya.

Berikut adalah tips mudah (bagi saya) untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa terbaca (tidak bisa membuat folder) di dalam kamera DSLR.

  • SCAN / BERSIHKAN VIRUS MENGGUNAKAN ANTIVIRUS | Gunakan antivirus yang sudah dilakukan update terlebih dahulu, gunakan update terbaru sehingga antivirus tersebut mampu mendeteksi kemungkinan adanya virus pada memory card tersebut. Biasanya virus tersebut yang menyebabkan hilangnya folder yang ada di dalam memory card kamera kita, Usahakan melakukan scaning menggunakan antivirus pada komputer/PC/Laptop/Notebok yang tidak diserang oleh virus.
  • MENGEMBALIKAN FILE / FOLDER YANG TER HIDDEN / DISEMBUNYIKAN OLEH VIRUS | Dalam hal ini perlu kita pahami bahwa tidak terbacanya file / folder dalam memory card pada kamera DSLR kita disebabkan virus yang telah terlanjur menyerang memory card kita tersebut. Penganganannya cukup mudah untuk menampilkan kembali file / folder yang ter hidden.

1. Panggil aplikasi RUN pada Windows menggunakan shortcut tombol Winkey + R.

2. Kemudian ketikkan CMD kemudian Enter.

3. Ketik Drive apa memory card terbaca di komputer, misalkan Drive F ketikkan sebagai berikut “f:” (tanpa tanda petik).

4. Setelah tertuju pada drive memory card kita berada misalkan drive f,  ketikkan ” attrib *.* -s -h -r /s /d ” (tanpa tanda petik) tekan Enter

Tunggu beberapa saat karena dilakukan proses komputerisasi melalui perintah yang sudah kita ketikkan tadi. Apabila file / folder di dalam  memory card tersebut masih belum memunculkan file maupun foleder yang ter hidden, kemungkinan komputer yang kita gunakan untuk mengeksekusi memory tersebut terkena virus sehingga memory cardnya tidak bisa dilakukan proses tersebut diatas, jadi diusahakan ketika kita melkukan proses diatas dipastikan dahulu komputer/PC/Laptop/Notebook yang kita gunakan bersih dari serangan virus.

Sekian dulu tips nya Yaa……

 

 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *