Kuliner Kota Aceh yaaaa… Mie Aceh

IMG_1623

*Foto koleksi Pribadi (salah satu menara Masjid di Kota Aceh)

Tepat jam 9 malam waktu yang telah ditunjukkan oleh jam tanganku, kami beristirahat sejenak di dekat pintu kedatangan bandara Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda. Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota Provinsi Aceh, Aceh sangat terkenal dengan budaya melayu nya terlihat dari pakaian adat maupun gaya bangunan adatnya, selain hal tersebut Aceh juga terkenal akan keragaman kulinetnya.  Selepasnya kami mengusir rasa lelah pada malam itu sambil menunggu jemputan rupanya kami terlupakan akan cacing di dalam perut yang sejak tadi berteriak untuk mengharapkan asupan sari makanan, kamipun meminta bantuan kepada pak Dede yang malam itu dengan sigap menjemput kami dibandara untuk berkenan mengantarkan kami memuaskan cacing-cacing diperut kami.

IMG_1631

*Foto koleksi Pribadi (salah satu menara Masjid di Kota Aceh tampak dari kejauhan)

Tidak perlu waktu lama untuk pak Dede mengantarkan kami ketempat yang kami harapkan untuk mengisi kekosongan perut kami pada malam itu, beliau langsung memacu mobil mini bus yang kami sewa ketempat makan yang cukup terkenal di Jalan TP Polem Banda Aceh. “Kalian pernah dengar atau makan Mie Aceh?” ucap pak Dede yang begitu lihai bermanuver sebagai driver kami, kami pun sambil berpandangan “makan mie? boleh tuh” ujar teman kami yang satu kantor dengan saya. Tepat di depan sebuah rumah makan yang katanya cukup terkenal di Aceh akan kelezatan kuliner Mie-ya, konon katanya para pejabat daerah maupun pusat pernah makan disitu dan bahkan kelezatan Mie disana berhasil memancing seorang pemimpin Indnesia untuk mencicipinya, itulah Rumah Makan Mie Razali yang sangat tersohor di tanah Rencong ini.

Tanpa banyak basa basi kami pun memesan masakan Mie Aceh yang terkenal tersebut, saya pun mencoba salah satu menu yang spesial disana yaitu Mie Daging Aceh.  Sebenarnya terdapat beberapa menu spesial disana diantaranya udang/cumi/daging/kepiting, Untuk menikmati salah satu pilihan Mie Aceh spesial kita dapat merogoh kocek sebesar Rp 25.000 dan apabila kita ingin merasakan Mie Aceh super spesial yang terdiri dari beberapa campuran pilihan tadi kita dapat menikmatinya dengan merogoh kocek sekitar Rp 45.000.

IMG_1642

*Foto koleksi pribadi (Mie Aceh Spesial Daging fresh dari RM Mie Razali)

Tak butuh waktu lama pesanan kami telah datang dan dihidangkan di atas meja makan yang kami tempati pada saat itu yang terdiri dari Mie Daging Aceh yang begitu terlihat sangat nikmat diatas daun pisang yang bercampur dengan danging sapi yang empuk serta dikelilingi oleh kekentalan kuah yang gurih, tidak lupa ditemani irisan mentimun dan bawang merah serta cabai nya.

Berharap tiada yang mampu menunda merasakan nikmatnya Mi Aceh dengan secepatnya kami mengisi kekosongan perut kami dengan kegurihan yang tiada tara. Pokoknya susah mengutarakannya dengan kata-kata maupun tulisan, kami tak sanggup menceritakan kenikmatan nya karena saking lezatnya Mie Aceh yang begitu legit di mulut dan empuknya potongan kecil daging sapi yang menggoyang lidah kami pada malam itu dan kenikmatannya pun bahkan terasa sampai kami kembali kepenginapan kami.

IMG_1653

*Foto koleksi pribadi (Mie Aceh Spesial Daging BUKAN dari RM Mie Razali) sumpah rasanya beda lebih enak yang sebelumnya.

Siang itu setelah kami bisa menikmati kuliner berupa Mie Aceh yang benar-benar membuat kami ingin kembali, ingin rasanya kembali menikmati kuliner tersebut di Rumah Makan Mie Razali. Ternyata di depan penginapan kami juga terdapat warung kecil yang menyediakan kuliner khas Aceh, sesegera mungkin saya kesana untuk menikmati Mie Aceh kembali. Saya ingin membuktikan ucapan Pak Dede bahwa tidak ada yang mampu menyamai bahkan mendekati lezatnya Mie Razali, saya pun mencoba menu yang sama seperti halnya yang saya pesan tadi malam. Ternyata memang berbeda.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *