KEUNIKAN ANGLE PARA FOTOGRAFER

ANGLE FOTOSore itu saya lagi iseng membuka akun Facebook saya yang sudah lama saya miliki, sejenak saya terpana ketika di timeline Facebook saya terdapat foto atau gambar dari beberapa pose angle dari beberapa fotografer. Unik memang cara pengambilan foto mereka ada yang menggunakan teknik Low Angle, High Angle, The Bird Eye’s View Angle dan ada juga Frog Eye Angle.

terbesir dalam fikiran saya ingin memberikan sedikit komentar dari pemikiran saya yang sederhana ini (IMHO) agar bisa menjadi masukan bagi teman-teman fotografer yang berkenan mampir di blog saya yang sederhana ini. Ok kita langsung saja pada foto pertama :

Credit FB Picture

(gambar 1) Credit FB Picture

Terlihat jelas pada hasil gambar 1 tersebut maksud yang ingin disampaikan oleh sang Fotografer yang bertujuan ingin mengambil refleksi dari sepasang pengantin berikut pula pada backgroundnya, bila kita lihat cara pengambilan sang Fotografer terlihat teknik yang dipakainya adalah teknik low angle, namun menurut saya teknik pengambilan ini lebih mendekati dengan teknik Frog Eye Angle. Komposisi foto juga mengikuti sesuai aturan baku fotografi yaitu Rule of Third. Teknik lainnya yang digunakan ialah teknik lighting menggunakan flashlite yang ditopang oleh tripod lighting yang diletakkannya sejajar dengan tinggi dari sepasang pengantin tersebut, menurut saya disitu letak kekurangan dari foto ini namun bukan berarti fotonya kurang bagus loh ya. Terlihat dari hasil foto tersebut cahaya yang dihasilkan kearah sepasang pengatin direct (langsung) dari sumber cahaya sehingga mengurangi cahaya alami yang bisa kita dapatkan dengan cara meletakkan sumber cahaya lebih tinggi dari sepasang pengantin. Namun selebihnya sang Fotografer lebih hebat dari saya yang hanya bisa mengomentari foto ini hehehehehe. Ok next foto.

(Gambar 2) Credit FB Picture

(Gambar 2) Credit FB Picture

Ok menurut saya ini (Gambar 2) salah satu foto yang paling natural yang pernah saya lihat, dengan menggunakan cahaya alami dari matahari dan mengambil teknik Frog Eye Angle dan ditambahkan genangan air yang menjadi refleksi pada sepasang pengantin dan backgroundnya membuat foto ini sangat natural dan sangat bagus untuk dilihat walaupun tidak dilakukan proses editing pada aplikasi editing foto. Komposisi pengambilan sangat tepat menggunakan komposisi Rule of Third sehingga kealamian foto tetap pada tempatnya. Kekurangannya hanya pada garis/tiang putih (kemungkinan tiang bendara) yang terdapat diatas foto sehingga tepat pada garis frame bagian atas yang terlihat seperti terpotong, seandainya pengambilan foto lebih wilde lagi sehingga dapat menampilkan subyek yang lebih luas atau dihilangkan saja.

(Gambar 3) Credit FB Picture

(Gambar 3) Credit FB Picture

Pertama kali melihat foto ini (Gambar 3) yang saya fikirkan adalah Death Center, yah… komposisi Death Center. Akhir-akhir ini Komposisi tersebut menjadi trend baik dikalangan Fotografer Wedding maupun Foto Prewedding, terlepas dari hal tersebut lighting yang natural maupun pose yang baik menjadi nilai plus pada foto ini. yang unik dari cara pengambilan foto ini mengapa juga sang Fotografer harus rebahan diatas batu sebagai bantal atau lebih tepatnya penahan kepalanya, mungkin kepala nya agak berat hehehehehe….

(Gambar 4) Credit FB Picture

(Gambar 4) Credit FB Picture

Totalitas yang ditunjukkan oleh sang Fotografer pada Gambar 4 tersebut sangat maksimal menurut saya hehehe… mengambil batang pohon kelapa sebagai tumpuan agar memaksimalkan angle yang diinginkan sang Fotografer, alhasil high angle pun mampu dicapai sang fotografer.

(Gambar 5) Credit FB Picture

(Gambar 5) Credit FB Picture

Kembali totalitas yang di lakukan oleh sang Fotografer pada gambar 5 ini sangat-sangat ekstreme, kemungkinan jatuhnya ke tempat yang basah sangat besar begitu pula tingkat kesulitan pengambilan foto tersebut sangalah sulit dilakukan karena tidak mudah mengambil foto pada saat kondisi seperti itu. Bagi para Fotografer amatir dengan rate job minim saya sarankan lebih baik jangan mengikuti apa yang dilakukan sang Fotografer pada gambar tersebut, hal tersebut sangatlah berbahaya bagi keselamatan anda maupun gear anda. Lebih baik carilah tempat yang lebih aman untuk anda sendiri maupun gear anda, karena dampak yang akan terjadi pada diri anda maupun gear anda tidak sebanding dengan hasil yang anda dapat. Kecuali rate job anda besar hehehehehe…….

(Gambar 6) Credit FB Picture

(Gambar 6) Credit FB Picture

Menurut saya lebih bagus angle nya dari foto ini dari pada angle yang diambil dari sang Fotografer, namun siapa tahu karena kita tidak memiliki hasil foto yang didapatkannya. Apabila kita melihat kondisi natural pada foto candid ini, sangat disayangkan apabila sang Fotografer belum bisa mengambil moment yang terjadi di dalam kesempatan pada saat pengambilan foto tersebut. Waktu pengambilan sangat tepat sebelum adanya matahari hingga diatas kepala (mudah-mudahan bukan musim dingin hehehehe), ditambah susasana berkabut sehingga kesan fogy pada foto begitu terasa sehingga menjadikan moment tersebut menjadikan hasil berupa foto yang sempurna ketika diabadikan.

(Gambar 7) Credit FB Picture

(Gambar 7) Credit FB Picture

Ide dari sang Fotografer begitu keren dan sangat berkomposisi dalam hal pengambilannya. Mengambil angle rendah selayaknya  Frog Eye Angle menjadikan foto tersebut cukup berkelas, menggunakan saluran drainase sebagai komposisi line sehingga komposisi DC sekaan tertutupi, yang pasti totalitas sang Fotografer tidak bisa kita remehkan.

(Gambar 8) Credit FB Picture

(Gambar 8) Credit FB Picture

Great Low Angle, Ini lah angle terbaik yang saya sukai karena dibutuhkan pengaturan lighting yang baik untuk mendapatkan hasil foto nya (kecuali di edit lagi pada aplikasi editing foto). Foto ini akan terlihat mainstream bila diberikan lighting strobis sebagai backlight yang memberikan kesan didalam sebuah studio foto.

Sejauh komentar yang saya berikan terhadap keunikan angle yang di peragakan dari beberapa Fotografer diatas, saya tidak tidak lebih baik dari mereka yang hanya bisa berkomentar. Mudah-mudahan ulasan yang saya berikan pada blog saya ini menjadi masukan bagi para pembaca khsusnya saya sendiri yang masih sangat lah kurang dalam dunia photograhy.

Sumber :

Some FB Picture

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *